Tips Simple Menjaga Performa HW Sebuah PC

Posted on


Tips Simple Menjaga Performa HW Sebuah PC
| Di Era sekarang, komputer menjadi suatu media yang harusnya dikenal dan diketahui, kususnya oleh pelajar. Dengan adanya komputer di tempat usahamu akan sangat mempermudah anda melakukan pekerjaanmu, semisal perhitungan cepat. Bahkan lebih dari itu, sekumpulan komputer yang terhubung dalam jaringan dapat digunakan untuk bertukar semisal email, video, gambar, lagu dll. Pertanyaan yang sering muncul adalah, bagaimana ya cara yang bisa dilakukan untuk merawat komputer…?. Kadang pengguna awam sering tidak mengetahui gejala terjadi kerusakan pada sebuah komputer.Ada baiknya jika kita memahami bagaimana cara untuk merawat komputer sebelum perangkat kita benar benar tidak bisa depakai lagi, tapi meskipun kita sudah dengan susah sekuat tenaga untuk merawat perangkat kita namun kalo memang sudah habis masa pakai, persiapkan tabungan anda untuk beli lagi.

Baca juga:   Gak Sesulit yang Dikirakan, Begini Kiat-Kiat Jasa Service dalam merawat PC Mereka

 Tips Simple Menjaga Performa HW Sebuah PC

Tips Simple Menjaga Performa HW Sebuah PC

Bersihkan mainboard & perangkat lain(hardware) dari debu secara berkala. Jika kesulitan mintalah ke tempat service PC untuk melakukannya.
Sebenarnya untuk menghilangkan debu di dalam cukup gunakan kuas halus. Setidaknya tiga bulan sekali hal ini harus dilakukan. Cabut semua baut penguat, dan lepaskan cashing terlebih dahulu kemudian tinggal bersihkan mesin.
Buang program yang dirasa memberatkan tapi gak kepake. Ruang harddisk yang terlalu banyak tersita akan memperlambat proses read/write harddisk sehingga beban kerjanya akan lebih berat mengakibatkan harddisk usia gak sampe pada masa pakai normal.

Memakai Software cleaner untuk menghapus file junk files dan apps bloatware, salah satunya yang mudah pengoperasiannya yaitu CCleaner.

Baca juga:   Cara Mengatasi Masalah Baterai Laptop Tidak Bisa Bertambah

Gunakan program untuk menjaga dari program jahat dan virus yang suka iseng.

Jika ada budget lebih dianjurkan menambahkan UPS agar komputer tidak mati mendadak. Untuk daerah yang sering mengalami listrik mati bisa diakali dengan menambahkan stavol dan ups agar laptop awet.

Jangan menghidupkan komputer dalam keadaan badai dan petir, sangat riskan apabila tetap menyalakan PC disaat seperti itu, soalnya resiko tersambar petir meningkat 50%.

Tempat untuk menaruh perangkat saat digunakan juga mempengaruhi tingkat keawetan PC kamu. Jika kamu user komputer sebaiknya jangan ditempatkan pada ruangan sempit yang menghalangi ventilasi udara dari fan pendingin nya.

Pun begitu dengan laptop, jika make nya di atas kasur langsung, hal ini dapat menyumbat udara keluar-masuk, akibatnya komponen laptop cepat panas dan aus.

Baca juga:   Penyebab Gagalnya Install Ulang OS di Komputer

tidak terlalu ribet ya kan bray
Tips Simple Menjaga Performa HW Sebuah PC…….

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *