Cara Mengatasi Masalah Baterai Laptop Tidak Bisa Bertambah

Posted on

Cara Mengatasi Masalah Baterai Laptop Tidak Bisa Bertambah – adspntr (dot) info | Memang menjengkelkan laptop yang awalnya normal normal aja tapi tiba-tiba dicharge baterainya tidak betambah. Padahal ngecaharge nya dari magrib sampe subuh.

Apa Penyebab Baterai Tidak Bisa Dicharger?

Kemungkinan paling besar memang baterainya yang sudah soak. Akan tetapi jika sudah mengganti dengan baterai baru keadaan tetap sama, berarti yang bermasalah ada pada mesin/board. Untuk jenis laptop mini terutama pada ASUS Eee PC X101CH, Acer Aspire one D270 dan Lenovo S10-2, ini adalah kerusakan umum pada sistem pengisian daya. Anda perlu mengganti resistor pengukur arus R025 (2 buah), masing-masing resistor adalah 0,25 ohm. Biasanya untuk mengontrol arus masuk dari charger, board ini masih menggunakan IC ISL 6251.
Di bawah ini adalah diagram dokumentasi chip untuk ISL 6251 (diambil dari situs resmi www.intersil.com), bagian yang dilingkari adalah resistor pengukuran arus.

Pertama cek apakah “Battery Charger IC ISL6251” terhubung dengan adaptor charger. Letaknya disebelah mosfet dengan tanda merah.

Selanjutnya cek resistor untuk baterainya.

Pastikan resistor tersebut berfungsi normal. Lebih baik diganti saja dengan yang baru dan value yang sama, yaitu 0,25 ohm.

Baca juga:   Download Bios Lenovo G500 / G400

Setelah diganti resistor, board akan bisa digunakan dan baterai bisa dicharger lagi. CMIIW.

Incoming search terms:

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *