Motherboard Chipset Bermasalah? Ini Langkah Awal Ngeceknya.

Posted on

Pernah mengalami problem laptop tiba-tiba sering overheat berlebih? Laptop lemot minta ampun? Laptop mati/shutdown mendadak? Laptop nyala tapi tidak ada tampilan di layar? Mungkin itu tanda-tanda kalau laptopmu motherboard chipsetnya bermasalah.

chip rusak foto
chip rusak foto

Ya untuk orang yang masih awam dunia per laptopan ya bingung juga kalau udah ada kendala macam gini. Harus ditangani sendiri atau dibawa ketempat service.

Terus Ngeceknya gimana??

Yang akan diulas ini khusus jika kamu udah expert soal laptop , udah terbiasa service laptop dan punya skill untuk mendukungnya. Biasanya untuk para tukang reparasi laptop, kebanyakan yang masih amatiran, jika menemukan problem seperti paragraf pertama, langsung dihajar chipsetnya(maksud nya langsung melakukan rehot atau reballing). Ya walaupun kebanyakan berhasil, itu bukan langkah aman sebetulnya. Karena mungkin saja overheat karena kotor atauada komponen pendukung chipsetnya itu sendiri ada problem. Jadi ada baiknya pastikan kelistrikan yang masuk ke chipset itu normal dulu ya. Kalau kelistrikan udah normal kog chipset gak kerja, itu fix problem dari chipset. Tapi yang di cek listrik keluarnya ya. Cek gambar dibawah lebih jelasnya.

Baca juga:   Mengatasi Laptop ASUS X453 Tidak Bisa Menyala Dengan Baterai
CEK CHIPSET ala adspntr
CEK CHIPSET ala adspntr

Caranya cari schematic dari laptop terkait, lalu search PLT_RST , PCI_PLTRST. Cari pin yang dimaksud di mainboard nya, dan cek apakah ada tegangan 3V. Jika ada, maka chipsetmu jalan/bekerja. tapi jika tidak ada keluar 3V kemungkinan input listrik gak bagus, atau chipset rusak. Tips ini berlaku untuk kebanyakan chip intel, seperti Intel CG82NM10BD82HM55, BD82HM65, BD82HM70. Simple kan.

Untuk nyari schematic laptopnya kamu g usah bingung, request aja di web ini. Bisa komen d bawah atau ke halaman request bios. thx

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *