Cara dan Tips Penanganan Laptop Mati

Posted on

11. Jika Anda bisa mendapatkan skema, cari jalur B + atau, dalam beberapa skema, gunakan kode Vin atau kode V + atau kode serupa lainnya yang menunjukkan jalur sumber tegangan utama. Untuk menemukan jalur ini, Anda dapat mengurutkannya dari jack charger. Setelah melewati mosfet, biasanya langsung menuju ke jalur B +. Setelah B + ditemukan, periksa dengan AVO-meter untuk memastikan jalur B + short apa tidak.

12. Pisahkan garis B + satu per satu dengan jalur komponen lainnya sambil memeriksa apakah Anda menggunakan AVO meter untuk memetakan jalur hubung singkat. Caranya adalah dengan melepaskan jumper yang menghubungkan B + ke komponen lain, kode jumper ini adalah J atau PJ … (J1, J2, dll.). Pada beberapa jenis motherboard, jumperan ini tidak ada, jadi Anda harus lebih berhati-hati saat memeriksa.

Baca juga:   Full View MAINBOARD ASUS X541NA

13. Setelah jalur B + dipisahkan dari jalur lanjutan, lakukan pemeriksaan menggunakan AVOMETER, maka kita akan menemukan sirkuit pemblokiran untuk jalur short. Dan terus mencari komponen yang rusak di blok yang kamu temukan.

14. Biasanya, dalam kasus seperti itu, komponen kapasitor (kapasitor) rusak, konslet, sehingga menghubungkan jalur B + ke ground. Lihat gambar di bawah

15. Cari kapasitor konslet (rusak), lepaskan kapasitor yang Anda curigai dan periksa dengan indikator AVO jika ditemukan, segera ganti dengan kapasitor lain, yang normal.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *