Laptop Not Charging? Service nya gimana dan berapa?

Posted on

Sebuah pertanyaan yang sering muncul dari masyarakat ketika datang untuk ngelamain netbooknya “not charging”, berapa biayanya?

Penyebab netbook not charging bervariasi, termasuk kerusakan pada baterai, pengisi daya atau komponen motherboard yang tidak normal.

Jika kerusakan pada netbook yang tidak bisa dicas adalah karena kerusakan baterai, solusinya sangat mudah, yaitu, mengganti baterai, salah. Untuk harga baterai netbook rata-rata, sekitar Rp350.000-400.000. Sebenernya macem2 kalau yang paling murah 250rb. ada juga yang ori OEM 700rb an, mungkin belum termasuk biaya pemasangan.

Jadi, jika kerusakan disebabkan oleh kerusakan Charger, maka solusinya adalah mengganti charger, harga aslinya adalah antara 150.000 dan 350.000, tergantung pada merek, tentu saja.

Baca juga:   Solusi Kredit Cerdas Dalam Membeli Laptop

Nah, jika netbook tidak mengisi karena ada komponen yang tidak bisa bekerja pada motherboard, biasanya bisa bervariasi tergantung pada komponen yang rusak. Sebagai contoh, komponen IC charger, seperti pada Netbook Asus X201E yang menggunakan pengisi daya IC tipe BQ25A, harganya adalah kisaran Rp.50.000, tetapi secara umum, di tempat layanan laptop kita harus menghabiskan sekitar 200.000 – 450.000. Tetapi jika rusak sebagai komponen MOSFET atau kondensor, mungkin biaya yang harus kita keluarkan mungkin lebih rendah.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *