Penyebab Fan Laptop Bunyi Berisik

Posted on

Berbagai masalah muncul dan menyerang perangkat seperti laptop. Masalah mulai dari layar hingga kipas kadang terjadi dan mengganggu pekerjaan pengguna. Masalah yang sering muncul adalah laptop yang berisik. Bagi mereka yang terbiasa bekerja dengan laptop, tentu saja itu cukup mengganggu.

Karena alasan ini, masalah seperti itu harus segera diselesaikan. Bahkan, ada beberapa hal yang membuat kipas laptop bikin ribut. Setiap sebab pasti memiliki caranya sendiri dalam berurusan. Informasi lebih lanjut tentang penyebab dan cara menangani kipas berisik untuk laptop akan diposting di sini.

Rupanya, kipas dalem laptop bisa menjadi berisik dalam beberapa hal. Setiap masalah laptop tentunya memiliki solusinya sendiri. Berikut adalah beberapa penyebab dan cara mengatasi kipas laptop yang berisik.

1. Fan Kotor

Baca juga:   Download Dump Bios Sony SVE151G17M

Salah satu penyebab kipas berisik adalah masalah yang paling umum adalah kondisi kipas yang kotor. Sampai sekarang, banyak pengguna notebook mungkin tidak memperhatikan kebersihan laptop mereka. Bahkan jika laptop yang bersih (terutama di dalam ruangan) tidak dirawat, ini juga dapat menyebabkan berbagai masalah.

Masalah yang bisa muncul adalah kipas menjadi berisik. Ini karena debu dan kotoran menumpuk di kipas. Selain itu, itu juga akan mengganggu kinerja kipas. Pendinginan tidak optimal.

Kami menyarankan Anda segera memperbaikinya karena, jika tidak ada yang dilakukan, laptop akan menjadi hangat dan mati. Bagaimana Anda melakukannya? Tentu saja, membersihkan kipas angin. Jika, memang, laptop masih memiliki masa garansi, Anda harus memeriksanya oleh pusat layanan resmi. Untuk mencegah hal ini terjadi lagi, lakukan pembersihan secara teratur.

Baca juga:   Beberapa Hal yang Perlu Diperhatikan Saat Beli Laptop Second

Tidak hanya membersihkan kipas, tetapi juga komponen laptop lainnya, seperti ventilasi laptop. Bahkan, di wilayah ini, debu menumpuk dan laptop berjalan kurang optimal.

2. Masalah pada prosesor

Selain masalah kipas laptop yang kotor, ternyata, hal lain yang mendasari kipas laptop adalah penyebab masalah dengan prosesor. Dalam beberapa kasus, suhu CPU dapat meningkat. Ini biasanya terjadi ketika prosesor melakukan kinerja berat. Seperti ketika Anda memainkan game “berat” untuk melakukan fungsi-fungsi tertentu yang menyita pekerjaan.


Pada titik inilah kipas biasanya harus bekerja lebih keras untuk menjaga pendingin laptop berjalan optimal. Kerja berat memaksa kipas untuk mengubah “ekstra”. Tentu saja, semakin cepat rotasi, semakin bising suara.

Pengguna laptop tidak boleh meremehkan kebisingan yang terjadi ketika kipas laptop tampak berisik. Karena itu juga menandakan bahwa prosesor laptop tersebut beroperasi di luar “kapasitas”. Untuk alasan ini, ini harus segera diselesaikan.

Baca juga:   Download Gambar Mainboard HP Pavilion 15

Bagaimana Anda mengaturnya? Bahkan, sangat mudah untuk memperbaiki situasi ini, terutama dengan memperhatikan spesifikasi laptop. Dari sana, kita bisa melihat kapasitas apa yang bisa ditangani prosesor. Hindari menggunakan pekerjaan yang dinilai lebih besar dari kapasitas laptop. Ini untuk mencegah hal yang sama terjadi lagi.

Incoming search terms:

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *