Penyebab Fan Laptop Bunyi Berisik

Posted on

3. Kerusakan pada kipas

Hal lain yang dapat menyebabkan kebisingan pada laptop adalah karena kerusakan pada kipas. Banyak penyebab kerusakan kipas, termasuk faktor usia penggunaannya. Tentu saja, semakin lama laptop digunakan, semakin rendah kondisinya, termasuk kondisi kipas di dalamnya.

Kondisi kipas yang semakin banyak berbahan bakar pada usia ini bukan hanya berarti kemampuannya untuk menurun. Dalam banyak kasus, bahkan kipas lama juga menyebabkan kipas tidak berfungsi. Aktivitas pendinginan prosesor tidak dapat terjadi. Ini membuat kipas bekerja sekeras prosesor mana pun akan terus terasa panas.

Hanya ada satu cara untuk mengatasi ini, termasuk mengganti kipas itu sendiri. Mengganti kipas cukup mudah, tetapi jika Anda tidak memiliki pengalaman untuk menggantinya, Anda harus meletakkannya di pusat layanan berpengalaman atau pusat layanan berpengalaman. Ini untuk menghindari kesalahan saat memasang kipas.

Baca juga:   Bios HP EliteBook 745 G4

Kipas akan lebih mudah rusak jika perawatan dan kondisinya tidak terpelihara dengan baik. Untuk ini, yang terbaik adalah melakukan perawatan dan membersihkan kipas angin secara teratur agar lebih lama.

4. Suhu Laptop Panas

Fungsi kipas laptop adalah untuk membuat suhu di dalam notebook lebih stabil. Karena overheating yang terjadi pada laptop akan berdampak signifikan pada berbagai komponennya. Sekali gak kerja, laptop akan rusak. Tidak heran kipas laptop memainkan peran penting di sini.

Jadi bagaimana jika suhu di dalam laptop meningkat? Ini tentu saja meningkatkan kinerja kipas laptop. Penyebab suhu di laptop telah tumbuh terlalu banyak. Salah satunya, seperti yang disebutkan di atas, pekerjaan prosesor melebihi kapasitas.

Di sisi lain, ada juga penyebab lain laptop terlalu panas. Dari penggunaannya yang cukup lama menempatkan laptop asli. Dua faktor ini berkontribusi pada munculnya “panas” pada laptop.

Baca juga:   Kenapa Harga Barang Lebih Murah Saat Beli Online?

Kondisi panas pada laptop ini memengaruhi kinerja kipas. Semakin hangat laptop, semakin baik kipasnya. Kipas harus berputar lebih cepat untuk mengatasi panas. Inilah yang membuat kipas laptop berisik karena ini merupakan “pekerjaan ekstra”.

Tentu saja, sangat penting untuk memperbaiki masalah ini dengan memberi perhatian khusus pada elemen-elemen yang dapat membuat laptop sangat panas. Dari saat digunakan hingga pemasangan laptop “baik”. Selain membantu kinerja kipas laptop, itu juga membantu mengatasi masalah lain karena terlalu panas.

5. Kesalahan Instalasi

Banyak pengguna laptop memutuskan untuk memperbarui spesifikasinya. Berbagai komponen baru telah ditambahkan ke laptop. Tentu saja, penambahan komponen harus dilakukan oleh profesional yang berpengalaman untuk menghindari kesalahan pemasangan.

Kesalahan instalasi memiliki banyak dampak. Kipas laptop yang berisik adalah salah satu dampak yang mungkin diakibatkan oleh kesalahan pemasangan. Jadi bagi pengguna yang bingung karena kipas sepertinya berisik setelah memutakhirkan laptop, kesalahan pemasangan bisa menjadi salah satu penyebabnya.

Baca juga:   Bios Update Sony SVE115A11W

Jika ini terjadi, laptop tentu saja harus diturunkan. Ini menentukan apakah kipas yang dipasang sudah benar atau tidak. Di sisi lain, ini juga bisa menjadi cara untuk menentukan apakah ada penyebab lain yang membuat kipas berisik.

Incoming search terms:

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *