Apa Itu Mosfet dan Kegunaannya Pada Laptop

Posted on

Seperti yang kita ketahui sekarang bahwa ada begitu banyak pengguna laptop di Indonesia, sebagian besar model kerusakan laptop terjadi adalah konslet, bisa disebabkan konslet internal ataupun faktor external.

Komponen penting dari perangkat keras laptop adalah Mosfet. Tidak ada laptop yang tidak menggunakan Mosfet, yang umumnya menggunakan komponen tipe FET. Ini bukan tipe dan model yang sama, tetapi karakteristik fisik dan kinerjanya semua sama, sehingga metode analisisnya sama. Itu sebabnya akan sangat menarik untuk membahas komponen kecil ini. Suka atau tidak, jika kita menemukan laptop dengan motherboard yang bermasalah harus mematuhi komponen elektronik ini. Sebagai contoh, jika kita akan memperbaiki laptop yang benar-benar mati, Mosfet harus memverifikasi.

Baca juga:   Memperbaiki Touchpad Freeze Acer ES1-111

Bagian dari MOSFET

Ada tiga bagian penting dari tipe MOSFET, yaitu Input, Output dan Trigger. Biasanya, MOSFET memiliki 8 kaki (ada juga tiga kaki), tetapi dibagi menjadi tiga bagian, 4 kaki di jembatan menjadi bagian dari pintu keluar, kemudian 3 kaki di jembatan menjadi bagian dari pintu masuk dan bagian kaki yang tersisa menjadi bagian pemicu.
Seperti pada gambar di bawah ini dengan kode 4468, Anda dapat melihat 4 kaki bagian atas melonjak menjadi satu, sedangkan tiga kaki bagian bawah melompat dan kemudian satu yang sendirian sebagai kaki kekuatan.

Cara kerja Mosfet

Secara sederhana, IC ini berfungsi seperti sakelar, yang diaktifkan dan dinonaktifkan, dan yang menentukan kapan HIDUP dan MATI adalah bagian kaki atau pelatuk. Kemudian, ketika bagian pemicu mendapatkan sumber tegangan, IC bekerja sebagai sakelar yang AKTIF, dan ketika tegangan pada bagian pemicu menghilang, IC sebagai sakelar MATI.

Baca juga:   Download Dump Bios ASUS X453MA

Fungsi MOSFET

Fungsi Mosfet pada motherboard laptop seperti dijelaskan di atas adalah sakelar atau sakelar. Namun IC ini juga dapat digunakan sebagai pemutus sirkuit dalam sistem proteksi. Misalnya, dalam sistem perlindungan hubung singkat, IC ini akan memutus arus dalam sirkuit yang pendek sehingga tidak merusak bagian lain dari pelat dasar yang sama.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *