Laptop DELL Blinking, Tanda Apa?

Posted on

Adspntr info – Kebanyakan dari laptop mempunyai ciri dan tanda akan keruskan tertentu. Semisal bunyi beep atau blink. Nah yang akan dibahas di artikel ini tentang lampu laptop DELL blinking di awal start dan laptop kemudian blank hitam. Laptopnya ngeblink orange dan putih. Dari laman web resmi Dell kita diberitahu bahwa error dengan indikator blinking orange 2x dan putih 1x terur menerus menunjukkan adanya masalah pada prosesor ( CPU ), apakah ini berarti prosesor rusak dan harus diganti ?

Lihat forum website Dell

laptop dell blinking

Dilihat pada keterangan dari website Dell tersebut diatas kita bisa asumsikan bahwa laptop sedang bermasalah di blok CPU atau Prosesor. Sebagaimana komponen yang lain pada sebuah motherboard laptop, prosesor ini salah satu dari 3 blok penting yaitu sumber, beban atau controller

Baca juga:   Penyebab Fan Laptop Bunyi Berisik

Sumber adalah blok yang bekerja menghasilkan output yang bisa berupa tegangan, signal, frekuensi ataupun output yang lain.

Beban adalah blok yang ada di ujung dan tidak lagi memiliki output yang digunakan oleh blok lain secara langsung. Dan hanya menerima tanpa bisa mengirim output lagi, kecuali sinyal feedback saja.

Controller adalah bagian yang menentukan lalu lintas data dari sumber ke beban atau sebaliknya.

Nah, Prosesor bekerja untuk memproses semua data yang diperlukan agar sebuah laptop bisa bekerja dengan baik, yang hasil dari pekerjaan CPU salah satunya adalah munculnya gambar pada layar monitor. dikarenakan ada outputnya maka Prosesor bisa kita anggap sumber. Namun karena prosesor membutuhkan supply tegangan dari blok lain, maka dalam hal ini CPU juga adalah beban.

Baca juga:   Download Bios Dell Inspiron 5110 intel
ilustrasi cpu
ilustrasi cpu

Dan juga, dengan berbagai kerumitannya di bagian dalam komponen tentu saja CPU juga bekerja sebagai controller karena bisa mengendalikan beberapa lalu lintas data di dalam laptop. Ini memang komponen yang rumit dan memiliki banyak pekerjaan, maka tidak heran jika prosesor kondisinya selalu panas dan membutuhkan heatsink khusus, agar suhu panas yang ditimbulkan bisa diredam.

Gambaran singkat di atas menjelaskan tidak bisa serta merta kita menganggap Prosesor rusak atau harus diganti. Karena bisa saja prosesor itu tidak bekerja dengan normal lantaran adanya supply tegangan yang tidak sesuai dengan nilai yang dibutuhkan. Atau adanya hambatan yang tidak diinginkan yang disebabkan karena melemahnya pin-pin prosesor yang menghubungkan prosesor dengan motherboard.

Baca juga:   Download Bios Dell Latitude e6410 4mb Dan 8mb

Jadi intinya, cek dulu tegangan yang mengarah ke processor dan tegangan output yang dihasilkan juga. Tapi untuk mempermudah analisa, sebaiknya siapkan CPU pengganti dulu, untuk memastikan itu Prosesornya beneran rusak atau tidak. Dengan diganti CPU yang normal, jika keadaan masih sama, biasanya CPU nya tidak rusak. Fokus analisa kerusakan di mainboard aja. Kalau ada yg kurang tambahin di kolom komentar ya….

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *