(Tanya) Kenapa Biaya Recovery Harddisk Mahal?

Posted on

Beberapa pertanyaan tentang biaya jasa recovery harddisk yang rusak.

Pertanyaan: Ada 2 kasus, pertama, PC kantor teman saya meledak dan terbakar, sampai Harddisknya rusak. Karena datanya penting, maka diperbaiki lah harddisknya. Biayanya 500rb. Kedua, teman yang lain, karena listrik rumahnya mati mendadak, Harddisknya tiba-tiba rusak. dan ketika mau direcovery ke jasa service harddisk diberitahu jika biayanya 5 juta. Kenapa bisa berbeda sangat jauh?

Jawaban: Pertama, mungkin PC yang meledak dan terbakar itu merusak harddisk tapi tidak sampai piringan harddisnya pecah. Atau sampai merusak mekaniknya. Hanya merusak bagian mainboard harddisknya yang konslet. Jadi mungkin hanya melakukan service dan pergantian komponen sebatas mainboardnya. Dan yang kedua, kemungkinan kerusakan harddisk sudah mencapai dalam, yakni bagian piringan dan motoriknya. Sehingga diperlukan alat khusus untuk memperbaiki secara hardware dulu sebelum melakukan proses recovery secara software. Jadi recovery harddisk itu dilakukan pertama dinormalkan dahulu hardwarenya, baru kemudian direcovery datanya menggunakan software khusus (tiap jasa perbaikan harddisk mempunyai alat dan tool sendiri).

Baca juga:   2 Tutorial Membuat Bootable USB DOS [Lengkap - Mudah]

Pertanyaan: Kenapa hanya recovery harddisk saja biayanya malah lebih mahal daripada harga harddisknya sendiri?

Jawaban: Hey orang-orang yang budiman, di setiap jasa yang di perdagangkan selalu ada ilmu dan effort yang dikeluarkan. Dan dalam bidang recovery data, ada tambahan faktor teknologi yang digunakan.

  1. Ilmu, jika recovery ditangani oleh orang yang belum berpengalaman, pastinya apakah anda bisa mempercayakan barang anda? Pahami ini. Dan kerja keras untuk mencapai kemahiran disuatu bidang juga tidak mudah.
  2. Effort, ini juga penting, untuk recovery data membutuhkan tool dan utility perhatian extra. Bayangkan alat tersebut akan menyala dengan listrik selama proses recovery. Bisa seminggu, bisa 2 minggu, atau jika HDD yang direcovery berkapasitas banyak, bisa sampai sebulan. Apakah anda berpikir tenaga dan listrik gratis? tentu tidak kan.
  3. Teknologi, sebuah PC, Pembaca Piringan dan alat lain harganya ga murah juga.
Baca juga:   2 Tutorial Membuat Bootable USB DOS [Lengkap - Mudah]

Contoh beberapa alat recovery (hardware)

PC3000 UDMA harganya 75.000.000 cek disini

2. 1 Set komputer. Spek untuk dump data yang besar agar cepat harga minimal 10.000.000

Spin Stand Disk & mechanical head Tester = $ 350,000 US

Magnescope : $ 80,000 US

Clean Bench HEPA : $ 4,000 US

Akan tetapi ga semua jasa recovery harddisk punya semua tool yang semahal itu. Yang banyak dimiliki biasanya cuma PC3000 dan komputer saja.

Jadi intinya, jika dipikir-pikir memang biaya recovery data harddisk memang tidak sebanding dengan harga harddisknya sendiri, tapi disini yang dinilai bukan barang, melainkan data. Yang mana jika itu adalah sesuatu yang tidak bisa diulang dan sangat berharga, ya pasti mau tidak mau harus di recovery. Misal data foto kawinan orang lain, masa iya orang yang difoto disuruh menggelar acara ulang? Masuk akal? Berikan komentarmu.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *