Kenapa Harga Barang Lebih Murah Saat Beli Online?

Posted on

Pernahkah anda bertanya, kenapa beli barang lebih murah saat beli online? Apalagi elektronik, semisal HP smartphone, harganya bisa jauh lebih miring daripada yang dijual di mall-mall ataupun counter biasa. Ini adalah polemik menurut semua pengusaha yang hanya mengandalkan jualan offline alias konvensional. Bagaimana tidak, tahun 2017 ini mereka yang jualan online pelanggannya justru lebih banyak daripada yang yang hanya jualan konvensional. Dan yang bikin pedagang agak jengkel apabila ada konsumen yang membandingkan harga toko fisik atau konvensional dengan toko online. Percayalah kalau anda jadi sebagai seller akan susah menjelaskan hal tersebut di depan calon pembeli. Sebenarnya ada beberapa “hal” yang melandasi harga barang elektronik maupun yang lain bisa lebih murah dibandingkan yang dijual di toko biasa.

Baca juga:   Penyebab Gagalnya Install Ulang OS di Komputer

1 . Sewa

Jangan lupa, toko fisik kebanyakan harus bayar sewa tempat untuk berdagang, sedangkan toko online banyak yang tidak mempunyai toko fisik, dan kadang malah hanya sebagai dropshiper. Bayangkan kalau toko fisik nya di Mall besar, biaya sewa malah jauh lebih tinggi daripada di luar mall. Nah, darimana uang untuk bayar sewa jika tidak di ambilkan dari keuntungan penjualan.

2 . Pajak

Semua tempat usaha semua dikenai pajak. Mulai dari pasang banner sampai omzet penghasilan. Oleh karena itu laba bersih harus sebagian bisa untuk menutup biaya pajak. Otomatis harganya dinaikkan sedikit. Apakah toko online omzetnya terpotong pajak? Apakah toko online terkena pajak Reklame? Jawabannya jelas TIDAK.

3 . Garansi

Pernahkah anda membeli barang kadang harus meminta garansi? karena barang tersebut walaupun baru, kadang bisa terjadi cacat produk, semisal laptop, hp, atau aksesoris lain. Toko offline pasti lebih ingin menjaga konsumennya dengan garansi jelas dan mudah. Karena toko offline beralamatkan jelas dan pasti mudah untuk dikunjungi jika terjadi masalah pasca pembelian. Kalau anda pernah dengar, laptop ACER yang bergaransi mesin hanya setahun, bisa memperpanjangnya dengan biaya sekitar 500rb/6bulan. Walaupun enggak rusak, tetap bayar sedemikian mahal hanya untuk bisa klaim garansi kalaupun ada kerusakan tidak disengaja/kesalahan pabrik. Jika anda membeli di toko online ada kebanyakan garansinya diperpendek atau malah tidak ada garansi. Ada pun itu pasti lama, belum lagi kena ongkir dan lama pengiriman. Ya memang sebagian orang mengabaikan akan garansi ini, tetapi tidak salah jika toko offline membebankan biaya sedikit lebih mahal untuk resiko garansi kepada konsumen.

Baca juga:   Mainboard Asus X555L X555LD Rev.2.0 HD Pict

So, saran saya, jika membeli barang, eletronik terutama, di pusat IT atau mall yang menyediakan barang yang anda cari, janganlah dibandingkan terlalu jauh dengan harga di pasar online. Yang pasti untuk soal harga akan selisih lumayan banyak. Banyak saya jumpai orang-orang yang masih memakai trik pembanding dari harga internet untuk menawar barang di toko offline, yang saya anggap itu perilaku yang sangatlah tidak etis. Kecuali harga yang ditawarkan jauh diatas harga wajar. 🙂

Setelah baca artikel ini, apakah anda setuju atau tidak dengan harga toko offline yang sedikit agak mahal dibanding harga online? bisa komen dibawah.

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *